Thursday, January 21, 2016

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

 
Bagian tubuh pada wanita yang sangat rentan terhadap serangan penyakit adalah pada bagian reproduksi, hal ini terjadi karena banyaknya aktifitas yang dilakukan oleh para wanita selain aktifitas yang cukup banyak masa menstruasi dan saat melahirkan juga memberikan dampak yang cukup besar bagi kesehatan reproduksi pada kaum hawa,,
Oleh karena itu bagi kaum wanita sangatlah penting untuk selalu menjaga kesehatan reproduksinya agar tetap sehat dan selalu terjaga, untuk itu kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi khusus bagi kaum Hawa,,,

tanpa panjang lebar lagi inilah beberapa cara / tips untuk menjaga kesehatan reproduksi kaum Hawa

1. Jauhilah dari kebiasaan merokok. Tahukah anda, bahwa dengan membiasakan diri merokok akan merusak bagian ovarium anda dimana bagian ini penting adanya dalam proses pembuahan sel telur. Jika bagian ini rusak makan akan berpengaruh pada saat masa pembuahan dan kemungkinan besarnya akan mengalami kegagalan dalam pembuahan.

2. Pola makan teratur, kontrol berat badan dan lakukan diet. Salah satu penyebab lambatnya proses kehamilan pada wanita terjadi karena wanita tersebut mengalami kegemukan. Jika anda termasuk wanita gemuk, makan anda akan mengalami masalah menstruasi yang tentunya akan mengganggu pula pada masa reproduksi anda. Namun, terlalu kurus pun tidak baik karena pada kondisi tubuh anda yang terlalu kurus maka akan menghambat berkembangnya hormon estrogen.

3. Lakukanlah aktivitas seks yang aman. Seks menjadi salah satu peran utama juga bagi anda yang ingin menjaga kesehatan alat reproduksi anda. ingatlah bahwa penyakit berbahaya seperti HIV AIDS bisa menular melalui hubungan seks, maka dari itu penting adanya bagi anda untuk mengingat tentang melakukan hubungan seks yang aman demi kesehatan anda dan juga masa reproduksi anda.

4. Usahakan untuk membuat jadwal pemeriksaan rutin alat reproduksi anda kepada dokter, dengan begitu anda akan mengetahui sedang mengalami masa yang sehat dan subur atau mungkin anda sedang terkena suatu penyakit. Jadi penting untuk anda melakukan pemeriksaan ini.

5. Jika anda terprediksi terkena suatu penyakit pada sistem reproduksi anda, usahakanlah untuk melakukan pengobatan secara maksimal hingga benar-benar sembuh. Jangan remehkan sakit yang berkelanjutan dan juga masa menstruasi yang tidak menentu. Segeralah periksakan diri anda ke dokter.

6. Hal terpenting yaitu jalanilah hidup sehat dengan makan makanan yang sehat, tidak merokok, tidur cukup, tidak stress dan olahraga dengan teratur.




Nah itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan reproduksi bagi kaum hawa, semoga bisa bermanfaat yah,,,,,

No comments:

Post a Comment