Tuesday, July 17, 2012

BERITA TERPOPULER Waspada, Virus Trojan DNS Changer Kacaukan Internet Nintendo 3DS XL dengan Layar Lebih Besar Benda Langit Timpa Mes dan Bengkel Salah Ketik Komentar Status FB? Jangan Khawatir... Ilmuwan Jepang Ciptakan Hujan Buatan dari Karbonat Reruntuhan Berusia Ribuan Tahun Ditemukan Microsoft Beli Situs Jejaring Sosial AS Google Luncurkan Android 4.1 Jelly Bean Merugi, RIM Pecat 5.000 Karyawan Lagi, Serangan Cyber Hantui Iran Virus "Kiamat Internet" Ancam Dunia Asteroid Sekelas Tunguska Menuju Bumi



Moskow: Asteroid yang sekelas dengan benda angkasa yang diduga meledak di atas Sungai Tunguska pada 1908, akan melewati bumi tahun depan. Bahkan, benda angkasa ini akan melintas lebih dekat ke bumi ketimbang sejumlah satelit buatan manusia. Demikian seperti dilaporkan Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA.

Data dari NASA pada Ahad (26/2), menunjukkan asteroid yang dinamai 2012 DA14 tersebut akan melintasi bumi pada 15 Februari 2013 dengan jarak 26.900 kilometer. Ini berarti lebih dekat ke bumi ketimbang satelit-satelit yang mengitari bumi pada orbit geostasioner sejauh 35.700 km di atas permukaan bumi.

Asteroid tersebut, pertama kali dideteksi oleh Observatorium Astronomi Spanyol La Sagra, mempunyai diameter 40 dan 95 meter dan termasuk kelompok asteroid Apollo. Yakni, kelompok asteroid yang melintasi orbit bumi dan sebagian besar mempunyai potensi tabrakan dengan bumi.

Kelompok astronom di seluruh dunia terus mengamati asteriod 2012 DA14 tersebut untuk menentukan ukuran dan lintasannya. Perkiraan ukuran asteroid 2012 DA14 menempatkan objek tersebut dalam kategori yang sama dengan benda angkasa yang menurut para ilmuwan meledak di atas wilayah barat Siberia pada 1908.

Walaupun banyak teori bermunculan terkait kejadian di Sungai Podkamennaya Tunguska, penjelasan yang utama adalah sebuah benda angkasa berukuran lebih dari 50 meter meledak di atmosfer. Ledakan tersebut paling tidak 1.000 kali lebih hebat ketimbang bom atom yang menghancurkan Hiroshima, Jepang, pada 1945

No comments:

Post a Comment