Sunday, July 29, 2012

Tasbih Raksasa Berusia 350 Tahun

Tasbih Raksasa Berusia 350 Tahun



Polewali Mandar: Seuntai tasbih umumnya berisi 33 atau 99 butir batu atau kayu. Namun di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ada tasbih yang sangat panjang dan berisi lebih dari tiga ribu butir biji tanaman manjakani. Konon tasbih superpanjang itu sudah berusia lebih dari 350 tahun.

Tasbih tersebut mungkin yang terpanjang di Indonesia. Panjangnya 38 meter dan memiliki 3.300 butir. Kabarnya tasbih ini dibawa dari tanah Arab oleh seorang penyebar Islam di tanah Mandar, Ustadz Abdul Kadir. Tasbih raksasa ini lalu diwariskan turun-temurun dan kini dimiliki Muslimin, warga Binuang, Polewali Mandar.

Dulu tasbih ini dipergunakan warga pada berbagai hajatan, seperti khatam Alquran, Maulid Nabi, dan zikir kematian. Namun sekarang hanya dipakai untuk berzikir di bulan Ramadan.

Petugas Balai Sejarah dan Benda Purbakala sebenarnya sudah meminta Muslimin menyerahkan tasbihnya untuk disimpan di museum sebagai salah satu kekayaan cagar budaya Mandar. Namun Muslim menolak.

Sayang sebagian dari 3.300 biji tasbih yang semula seluruhnya terbuat dari biji manjakani dicuri orang. Siapa pencurinya dan untuk apa tak seorang pun tahu. Agar jumlahnya tetap 3.300, sebagian biji tasbih terpaksa diganti dengan biji dari kayu khusus yang didatangkan dari Mesir.

No comments:

Post a Comment